Sistem Layar

Rabu, 24 Juni 2009

Sistem Layar
Kita bisa menggerakkan tokoh utama kita untuk bergerak ke tempat-tempat seperti (goa) dungeon, kota, hutan, padang rumput, peta (map), gunung, dll. Untuk daerah di luar kota seperti hutan, dungeon atau peta, saat berjalan-jalan, terkadang akan menemukan musuh secara acak (random). Jika bertemu, maka akan masuk ke dalam suatu layar baru yaitu layar pertarungan, disana kita akan diberi beberapa menu pilihan dan perintah untuk kita jalankan. Umumnya terdapat pilihan Attack (serang), Rune (menggunakan rune untuk mengeluarkan magic/sihir), Bribe (menyogok), Run (melarikan diri), Stats (melihat Status), Unite/Combo (melakukan serangan bersama). Karakter utama juga bisa berlari kecuali untuk suikoden I

Berikut pembagian layar pada Suikoden;
Layar utama
Merupakan layar yang paling umum dijumpai dimana biasanya terdapat interaksi antar tokoh permainan seperti berbicara atau percakapan, mengendalikan dan menggerakan tokoh kita untuk berjalan ke arah mana, dll.
Layar pertarungan
Layar ini muncul saat kita bertemu musuh dalam suatu pertarungan, disini akan terdapat 2 pihak yang saling berhadapan. Saat masuk kedalam layar pertarungan, kita akan diberi pilihan perintah mulai dari attack, rune, bribe, rune, stats, combo. Terkadang jika kita melawan boss, maka akan ada percakapan sebentar atau adegan kecil. Setelah salah satu pihak kalah, maka akan hilang dari layar pertarungan, kemudian akan muncul layar status yang menentukan jumlah nilai pengalaman (experience) yang didapat setiap karakter permainan dan apakah nilai pengalaman itu bisa menaikkan level karakter tersebut (semakin tinggi level, maka akan semakin kuat karakter tersebut).
Layar menu
Layar ini dapat diakses melalui layar utama, dengan menekan salah satu tombol, maka kita akan masuk kedalam layar baru yang didalamnya kita dapat melihat status karakter yang sedang bersama pemain, menggunakan item (barang) untuk keperluan tertentu, save (menyimpan data permainan), memasang atau mencopot perlengkapan, senjata, atau baju perang karakter.
Layar peta
Layar ini muncul saat pemain menjalankan tokohnya di luar daripada kota, goa(dungeon), hutan, gunung, kastil/benteng/istana, dan tempat-tempat lain yang terdapat interaksi didalamnya. Kita akan diperlihat kepada suatu tempat yang sangat luas dan karakter yang kita gerakkan akan menjadi kecil modelnya. Maksud dari layar peta ini adalah seolah-olah kita berjalan sudah sangat jauh dan lama, digunakan untuk menggambarkan perjalanan jarak jauh dalam waktu cepat yang jika tidak digunakan bisa memperlambat permainan dan alur cerita
Layar adegan
Disini muncul semacam animasi video yang dimana kita tidak bisa menggerakan atau melakukan interaksi, tetapi semuanya sudah diatur oleh pembuat permainan untuk menggambarkan bagaimana jalannya cerita dalam permainan.atau bisa di bilang cut scene
Layar mini-game
Layar ini muncul saat kita bermain permainan tambahan yang ada didalam markas pemain. Yang biasanya tidak mempengaruhi jalan cerita permainan.


0 Comments: